29 Januari 2010

Install Ubuntu 9.10 di Windows dengan menggunakan WUBI



Wubi adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menginstall Ubuntu didalam Windows tetapi bukan berupa sebuah virtual. Dengan Wubi kita dapat menginstall ubuntu untuk dual boot dengan windows dengan cara yang cukup mudah. Hal yang perlu diperhatikan dalam menginstall menggunakan wubi adalah file ISO yang kita pergunakan sebaiknya adalah update-an yang terbaru, karena kalau kita menggunakan file ISO yang sebelumnya maka wubi akan mendownload file ISO terbaru yang ada. Dan Wubi ini dapat membantu para pengguna linux pemula.

Pertama yang harus dilakukan adalah jalankan file Wubi.exe yang terdapat didalam ISO ubuntu 9.10 yang telah kita download, maka akan muncul :



Pilih Install Inside Windows, maka ubuntu akan mengambil space didalam windows sebagai partisinya ubuntu. Setelah itu tentukan hal-hal berikut:



Setelah mengisi form tersebut, maka proses instalasi akan berlangsung. Pada proses ini, jika kita menggunakan file ISO sebelumnya maka pada proses instalasi akan mendownload kembali file ISO terbarunya. Untuk menghindarkannya, maka kita harus menginstall dengan file ISO terbaru. Setelah proses instalasi selesai, maka reboot windows kita.



Setelah reboot maka akan muncul dua pilihan OS pada saat booting, yaitu: Windows dan Ubuntu.



Pilih Ubuntu maka proses instalasi akan berlanjut lagi, tunggu hingga selesai.

Selamat mencoba.

Gambar :
https://help.ubuntu.com/community/Wubi
http://wubi-installer.org/faq.php

11 komentar:

  1. Jd bro, kita gak perlu mempartisi dulu buat linuxnya, si Wubi yg ngelakuin itu semua ya??

    BalasHapus
  2. iyah, tp tetep kita yg nentuin mo berapa besar space hardisk yang ingin kita pergunakan...

    BalasHapus
  3. wooo gitu ya, thx y bro buat jawabannya.

    BalasHapus
  4. tp kenapa ya waktu saya install ubuntu 9.10 di partition yg udh saya buat (15GB) pada windows 7 kgk bisa terinstall 100% bahkan yg ada error gitu pada 66% terinstall... Tolong dong pencerahan nya...!!!

    BalasHapus
  5. pak mau nanya, apa ini berpengaruh pada aksesibilitas root-nya spt gak bisa login as root gitu?

    BalasHapus
  6. errornya begini mas:

    Terjadi kesalahan

    Permission denied

    untuk informasi lbh lanjut. silakan lihat berkas log:
    c:\user\profilesaya\local\temp\wubi-9.10ubuntu1-rev160.log

    saya pke Windows 7 x64

    BalasHapus
  7. mau tanya, setelah saya instal ubuntu, lalu reboot, ktika pilih ubuntu, kok lama banget ya? blank hitam gtu layarnya. apa ada ketidaksesuaian dalam tampilan/vga/apa lah itu dari komp sy? sy pke windows xp2. tolong solusinya.
    trima kasih...

    BalasHapus
  8. @D2N : tidak, kita tetep bisa menggunakan login rootnya...

    @budijaya : mungkin permission di harddisk yang dibuat dengan win 7 tidak memberi akses ke pada wubi untuk membuat partisi tersendiri didalamnya.

    @Javaziez : kalo boleh tau perangkat yang kamu gunakan apa yah? spesifikasinya

    BalasHapus
  9. lam kenal, mo tanya bro siapa tau ada solusi, gw dah coba install ubuntu 10.04 remix di hp mini 120 ( 3 kali coba ) tapi gagal dengan warning dari wubinya, permission denied. dah gw coba juga dengan tidak memfungsikan firewall, tetap ga bisa. o ya gw pake win 7. trims

    BalasHapus
  10. maap bro lama ngejawabnya.. hehehe...
    saya pernah dengar masalah yg sama tapi ini dengan menggunakan windows vista.
    masalahnya ada di privilage si ubuntunya dalam mengakses folder sistem di windowsnya. karna biasanya kalo melakukan perubahan di folder sistem pasti kita memerlukan privilage admin.

    untuk solusinya bisa coba di googling aja mas, maap saya lupa alamat solusinya... hehehe... ntar saya tambahin di bawah ini kalo udah nemu yah...

    salam kenal

    BalasHapus