19 November 2012

Setting DNS Server Pada Windows Server 2008



Kali ini masalah muncul, ketika server zimbra mail saya mengalami bounced dengan error "Host or domain name not found. Name service error for name=mail.test.co.cc type=A". Ada masalah apa gerangan ini???

Mulai menganalisa masalah, pertama saya coba ping host tersebut hasilnya reply yang berarti si server mengenali host tersebut, tapi mengapa masih tetep bounced yah?? cek lagi... karena OS yang saya gunakan adalah Ubuntu server maka saya cek /etc/hosts ternyata didalamnya telah didefenisikan IP untuk host tersebut, maka coba saya hapus dan kemudian saya coba ping lagi domain tersebut, ternyata disini masalahnya, host tersebut tidak dikenali di DNS server yang saya pakai. Saat itu saya menggunakan DNS server speedy dan Google DNS.

Oprek sana... Oprek sini.... gagal maning....

Akhirnya mutusin buat DNS server sendiri, kebeneran ada server yang OS nya Windows Server 2008.

Konfigurasi pun dimulai:

1. Tambahkan role DNS Manager pada Windows Server 2008. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

2. Buka DNS Manager melalui Start - Administrative Tools - DNS. Akan terbuka window berikut :


3. Klik kanan pada Forward Lookup Zones dan pilih New Zone.


4. Klik Next pada window New Zone Wizard.


5. Pada window zone type pilih Primary Zone.

6. Isikan zone name pada windows berikutnya, karena host yang bermasalah adalah mail.test.co.cc maka pada zone name kita isikan test.co.cc






7. Untuk zone file, bisa kita biarkan secara default yaitu pilih create a new file with this file name:





8. Untuk Dynamic Update, kita pilih do not allow dynamic update. Hal ini dikarenakan kita tidak menggunakan active diretory sehingga tidak diperlukan dynamic update.


9. Selesai sudah zone test.co.cc kita buat. klik finish.



10. Setelah ini kita perlu membuat forwarders DNS agar bisa terkoneksi ke DNS luar. Agar kita bisa mengakses kedomain external. Caranya klik kanan pilih properties.


11. Pilih tab forwarders, klik edit dan kemudian tambahkan DNS Server externalnya. Disini saya menggunakan DNS Speedy dan Google (203.130.206.250 dan 8.8.8.8)






12. Selesai sudah konfigurasi yang kita buat.

Dan akhirnya zimbra saya running lagi.....

Selamat mencoba...








Tidak ada komentar:

Posting Komentar