16 November 2012

Jawaban Zimbra Problems



1. Servernya seakan-akan down kalau banyak yang akses, tetapi kalau dilihat yang sedang ada sessionnya hanya 20an orang. Kenapa???


Setelah saya analisa beberapa hari ini, yang sebenernya down adalah modem yang saya gunakan. Sepertinya modemnya ga sanggup melayani trafic email yang cukup tinggi. Dan sepertinya saya ada salah setting juga untuk DNS record dari email saya masih mengarah ke IP Public saya. Sehingga untuk mengirim email internal pun tetep melewati modem tersebut. Solusinya saya membuat DNS server lokal sendiri dan mengarahkan DNS record tersebut ke IP lokal.

2. Kalau dimonitoring dari server statistic - mail count, ada yang dalam 1 jam sampai 400an mail, tetapi saya yakin dalam jam tersebut ga sampai segitu lalu lintas emailnya. Cara ngeceknya gimana yah??


Untuk yang ini saya mendapatkan beberapa solusi dari mas Vavai dari komunitas zimbra. Dia menyarankan untuk mengecek melalui log yang ada di /var/log/zimbra.log. Dan memberi beberapa saran untuk men-securekan mail server kita. berikut link-link nya : disini , disini dan disini.
3. Butuh bandwith berapa yah buat email?? saya pakai share bandwith 2 Mbps

Untuk bandwith mungkin sebaiknya yah menggunakan dedicated line tersendiri demi kestabilan link email kita. Apalagi untuk jumlah usernya banyak. 


1 komentar: