25 September 2009

Lion Air ohh Lion Air...

Ini pengalaman pertama kali membel tiket pesawat Lion Air secara On Line, tapi ini bukan kali pertamanya kami menggunakan maskapai yang satu ini. Saya sendiri sudah 2 kali menggunakannya tapi pembelian tiketnya tidak secara On Line.

Sebenernya cara pembeliannya sama aja dengan maskapai lainnya, yaitu dapat menggunakan credit card. Nah kemaren saya melakukan transaksi pembelian tiket untuk rute Medan - Jakarta, harga tiketnya bisa dibilang murah untuk saat peak season seperti saat lebaran ini. Transaksi dapat saya lakukan tanpa hambatan yang berarti, pada saat akan melakukan pembayaran emang sudah disarankan agar orang yang memiliki credit card, harus sebagai salah satu penumpang yang akan berangkat. Tapi karena sebelum saya sudah beberapa kali membeli tiket secara On Line tanpa harus si pemilik credit card ikut sebagai penumpang, jadi saya pikir hal ini tidak akan menjadi masalah dikemudian harinya.

Nah masalah mulai muncul disaat si penumpang akan menukarkan payment approval dengan tiket di loket yang ada di bandara. Saat si penumpang mencoba menukarkan tiket, oleh pihak maskapai diberitahukan bahwa ada error dengan pembayaran On Linenya (ini yang saya sesalkan), sehingga mengharuskan si penumpang untuk membayar lagi di loket. Dan terjadilah double pembayaran, dan inilah yang menjadi masalah buat saya dan si penumpang. Karena emang harus berangkat dihari itu, mau ga mau si penumpang membayar lagi di loket, dan oleh orang yang ada diloket diberitahukan bahwa uang bisa di refund setelah mendarat di bandara soekarno-hatta. Tapi yang terjadi setelah si penumpang tiba di jakarta, oleh pihak loket disuruh untuk dateng ke kantor pusat Lion Ait di jl. gajah mada jakarta. Sementara si penumpang harus pulang ke cilegon.

Akhirnya saya putuskan untuk menelepon ke Call Center Lion Air, dan diangkat oleh seorang wanita (saya lupa menanyakan namanya). Kemudian saya menceritakan masalah yang saya hadapi, dan diberitahukan bahwa uang bisa direfund dengan dikenakan potongan 75% (woot). Emosi pun meledak mendengarkan penjelasan dari si wanita (maaf ya mbak bukan maksud saya buat marah-marah, tapi penjelasan dari mbak gak bagus), dan diakhiri dengan penutup telepon yang dilakukan oleh si wanita (ga sopan). Akhirnya saya memilih refreshing dulu, dengan jalan ama ririn pergi makan, lumayan bisa menurunkan emosi.

Pulangnya saya coba menghubungi Call Center Lion Air lagi, kali ini diangkat oleh seorang pria yang bernama Trixi. Penjelasan dari mas trixi cukup membuat saya mengerti prosedur yang harusnya dilakukan saat setelah kita melakukan pembelian On Line. Prosedur yang bener adalah sebagai berikut:
1. Setelah membeli tiket secara OnLine maka kita akan memperoleh payment approval, yang sudah bisa digunakan sebagai tiket langsung (tanpa harus menukarkannya menjadi tiket).
2. Pada saat akan Check In kita diwajibkan untuk menunjukkan credit card yang digunakan sebagai alat pembayaran kita.
3. Kalau credit card yang digunakan bukan milik orang yang akan jadi penumpang maka sebaiknya kita menukarkan payment approval menjadi tiket dengan mengajak si pemilik credit card agar kita dapat menunjukkan kartu tersebut saat menukarnya menjadi tiket.
Nah hal ini yang seharusnya dilakukan.

Hal yang saya sesalkan dari masalah ini adalah penjelasan dari petugas loket yang hanya memberitahukan ada error dalam pembayaran via internet dan menyuruh untuk melakukan pembayaran di loket langsung yang ternyata itu ada pembelian tiket baru, bukan pembayaran untuk tiket yang sebelumnya. Dengan begitu tiket yang sebelumnya akan dikenakan No Show yang artinya tidak dipergunakan untuk berangkat.

Tapi nasi sudah menjadi bubur, akhirnya dengan ikhlas menerima pengurangan sebesar 75% dari harga tiket. Semoga ini bisa jadi pembelajaran buat kita semua. Dan jangan takut untuk membeli tiket secara OnLine. Tidak ada yang kedua dan ketiga, kalau belum ada yang pertama.

NB:
Thanks buat mas Trixi atas penjelasannya dan mohon maaf kepada si mbak CS karena udah berkata kasar kepadanya.
Ga ada maksud untuk menjelekkan pihak manapun. Sebelumnya mohon maaf kalau ada salah-salah tulis.

10 komentar:

  1. sabar ya mas froooozy, hahahahahaha!!!!!

    BalasHapus
  2. sepertinya ada yang salah di loket lion air di bandara polonia kak...

    sepertinya rekrutmennya asal2an, gak dilakukan tes psikologi yang bener, jadi mental karyawannya emang kacau...

    *pagi2 udah marah2 di loket*

    BalasHapus
  3. wah... terima kasih atasa pengalamannya oM Froooozy. Semoga membawa kebaikan buat yang lain.

    Hahahahah :D

    BalasHapus
  4. Masukin ke surat pembaca detik zi, biar jadi masukan juga buat lionair khususnya di bandara Polonia.

    Lain kali jangan marah2 bro, santai aja jelasinnya, kalo perlu diancam tuh CS nya masukin ke koran.

    hahahahaha :-D

    BalasHapus
  5. kalo cuma masuk koran kurang seru ngancemnya bro...

    ngancem masih mau terus kerja disitu ato bakalan nerima surat pemecatan bulan ini...

    BalasHapus
  6. Wah sayangsekali ya, refound tiketnya kok kepotong 75%, yang dikembalikanm malah lebih sedikit dari pada biaya pemotongannya, semoga saja menjadi pengalaman yang bermanfaat,bagi anda dan kita semua.
    Iklan Gratis

    BalasHapus
  7. wah.... awak turut berduka cita atas ter"penggal"nya 25% duit uwak. anggap aja sodaqoh... hihihi....

    salam kenal ya wak...
    awak tau blog ini dari awakmedan.
    mari kita jalin silaturrahmi....

    BalasHapus
  8. Gue barusan aja booked lion dng problem serupa. Kalo gue travelling pake air asia klm tiger jetstar pesen pake credit card with different names gak pernah resek. Ini sekali2nya gue mesenin lion buat pacar krn dia males ribet, eh tau2 prosedurnya gila ya.
    Tadi gue telfon ke call centernya nanya solusi, krn gue di malaysia dia di jakarta. katanya tetep gak bisa gue harus ngisi form anjing.. terus formnya adanya di melaka. Sedangkan gue di KL, itu jarknya kaya jakarta-bandung. kan gila. Gue bilang, masa gak ada kantor di kl atau kirim aja lewat email saya isi terus saya kirim lagi... tidak bisa tidak bisa tidak bisa, udah gt kalo gue kasih solusi soal surat kuasa (karena gue pernah bookign sistic, dan mrk minta confirmasi pas pengambilan c card, dan gue nunjukkin aja surat kuasa dengan detail jelas, dan fotokopi ccard (tp 3 huruf dibelakang gue coret, biar g keliatan) nah sah2 aja - waktu itu gue pake ccard nyokap)....Terus gue jelasin kalo pake surat semacam itu bisa ngga, krn diaman2 asal ada letter of authorization bisa.. si mba2nya yg kayanya emg ga kompetent dan gatau bilangnya gak bisa gakbisa.. e..a..u ...au.. au.. terus nanya2 bosnya terus. yaaampuun naik pitam gue tutup dikira muree nelfon ke indonesia.

    hahaa maaf ya jd curhat. tp gila emg lion. Akhirnya marah2 bisa lolos ya bokap lo? sesudah2nya pernah gitu lagi ngga? mungkin pake surat kuasa aja bisa ya. gue males kalo direbetin nantinya, sempet mikir ini card gue kirim aja apa ke jakarta. tp kan risky juga..

    anywaaay maaf kalo panjaaaang, tp gue butuh feedback banget nih. thank youuuu

    ps: gara2 masalah itu gue jd googling2 dan ternyata banyak forum dengan problem serupa ya. apa krn banyak kasus penipuan di indonesia? tp menurut gue sistem mrk gak cerdas dan birokrasi ribet. kalo mmg blm siap dan mampu meng handle online transaction ya gak usah, drpd nyusahin customer.

    BalasHapus
  9. kalo masalah seperti ini satu-satunya solusi ya cuma refund aja... karna emang ga ada lagi solusi yg paling baik, daripada uang kita hangus...

    BalasHapus