14 Agustus 2008

Proxy Server di Ubuntu Server 8.04

Setelah sekian lama mengerjakannya akhirnya berhasil juga membangun squid ini dengan Ubuntu Server. Berkat bantuan yang sangat besar dari bro Dolly, salut banget liatnya two thumbs up deh untuk bro ku yang satu ini.

Setelah sebelumnya gagal di masalah iptables yang sebenernya gak terlalu diperlukan, aku install ulang Ubuntu yang kemaren udah aku oprek-oprek biar lebih fresh. Setelah aku selesai install ubuntunya, langsung aku fokus ke settingan squid.conf nya. Squid.conf yang aku buat sekarang gak berbeda dengan yang sudah pernah aku buat untuk RedHat kemaren, liat disini. Setelah aku sesuaikan dengan kebutuhan yang ada lalu aku coba jalankan squidnya dengan command: sudo /etc/init.d/squid start hasil OK. hmmm pasti berhasil kali ini, tapi waktu ku coba ternyata masih blom jalan. Hiks Hiks.... ada apa ini? ada apa ini?...

Tanya ama mbah google, sepertinya udah bener semuanya tapi masih blom jalan juga. Buntu, mentok lalu mulailah berkonsultasi dengan suhu Dolly trus disuruh cek squidnya udah jalan ato blom dengan command : sudo netstat -antp | grep LISTEN , disuruh liat ada gak port 3128 yang jalan, ternyata gak ada. Lalu aku disuruh jalani command : sudo tail /var/log/syslog liat ada keterangan apa didalamnya. Ternyata ada error dengan cache_effective_user squid dan cache_effective_group squid karena blom ada user dan group squid. lalu aku non-aktifkan script ini di squid.conf-nya dengan memberi tanda # diawalnya. aku start lagi squidnya dengan command : sudo /etc/init.d/squid start , Hasil nya OK lagi. Kemudian aku coba ternyata berhasil, Jalan squidnya..

Lalu aku tanya lagi ama suhu-ku kalo mau nambahi user dan group squidnya gmana ya? lalu aku dikasih command ini :
# sudo groupadd squid (untuk menambahkan group)
# sudo useradd squid -g squid -s /sbin/nologin (untuk menambahkan user)
# sudo chown -R squid:squid /var/log/squid (untuk mengubah owner di folder /var/log/squid)
tapi jangan lupa hapus tanda # yang tadi dibuat di squid.conf nya. Lalu coba restart squidnya dengan command : sudo /etc/init.d/squid restart
lalu coba liat lagi di : sudo tail /var/log/syslog ternyata masih ada error lagi di spoolsnya kemudian jalankan command ini : sudo chown -R squid:squid /var/spool/squid/ untuk mengubah owner di folder /var/log/spool/squid
lalu jalankan lagi squidnya dengan command : sudo /etc/init.d/squid start

Akhirnya jalan dengan sukses.....

bisa tidur nyenyak malam ini....

hehehehe.....

Lagi... dan lagi... Thanks Bro Dolly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar