14 Mei 2008

Lotus Sametime Part 1

Ini sekedar ingin berbagi pengalaman tentang cara membangun sebuah sametime server, mungkin masih banyak orang asing dengan aplikasi yang satu ini. Sametime adalah sebuah aplikasi messaging buatan IBM. Aplikasi ini biasa digunakan untuk chat internal kantor, yang bisa juga diakses dari internet.

Awalnya kita harus membuat sebuah Lotus Domino server yang biasa digunakan sebagai mail server dikantor. Kita bisa menggabungkan mail server dengan sametime atau kita membuatnya di 2 server terpisah. Yang pernah saya lakukan adalah membangunnya di 2 server yang berbeda.

Kita mulai dengan menginstall Lotus Domino. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menginstall Lotus Domino yang akan digunakan untuk sametime server, yaitu:
1. Pastikan Domino server.id tidak memiliki password.
2. Pastikan HTTP task sudah di enabled.
3. Pastikan user-user yang ada di Lotus Domino mempunyai internet password.
4. Pastikan anda tahu nama dari domino servernya dan mempunyai fully-qualified host name contohnya: server.company.com
5. Pastikan client dapat melakukan ping ke server.
6. Pastikan anda tahu folder program dan data dari Domino server.
7. Pastikan anda tahu tipe dari direktori (LDAP atau Domino Directory) yang akan digunakan.

Setelah itu kita install Lotus Sametimenya. Lalu sebelum kita aktifkan Domino dan Sametimenya, kita harus melakukan settingan Web SSO terlebih dahulu. Caranya:
Di Lotus Notes Client, buka menu file - database - open. Cari nama servernya dan Names.nsf lalu open. Setelah itu expand Web SSO configuration list, lalu double click "Web SSO Configuration for LtpaToken". Hapus settingan Web SSO yang sudah ada dan buat settingan baru dengan cara: buka Lotus Domino Adminitrator lalu buka server documentnya. kemudian klik menu Action - Create web - SSO Configuration.

to be continued....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar