11 Oktober 2012

Zimbra Colaboration Suite di Ubuntu 10.04

Akhirnya berhasil juga buat mail server make zimbra colaboration suite, running diatas ubuntu server 10.04 LTS. Pertama sih iseng-iseng pengen buat mail server buat kantor ini, pas juga ada IP Public yang nganggur, kan sayang kalo ga dimanfaatkan.

Trus mulai deh baca-baca manual di situsnya zimbra ternyata si zimbra hanya bisa running diatas server 64bit aja. Sempet bingung juga, tp coba-coba install ubuntu 10.04 LTS 64 bit di PC Lenovo, eh ternyata bisa running. Jadi deh diterusin dengan install zimbra nya.

Kemudian aku download ZCS ver 7.1 kedalam ubuntu 10.04 tersebut, terus lakukan proses instalasi sesuai dengan yang ada di dokumentasinya di website zimbra. Dengan sedikit penyesuaian ke kondisi jaringan kantor, si zimbra running dan dapat dipergunakan sebagai email server.

Sempet pending beberapa bulan untuk di launching penggunaannya dikarenakan saya ragu apakah servernya yang notabene hanya sebuah PC biasa mampu menghandle banyaknya email yang akan melewatinya??

Tapi kita liat aja hasilnya beberapa hari ini.... #hasilnya ntar saya laporkan lagi deh...

Sekian dulu  yah...
Detailnya instalasinya blom sempet saya buat.... ntar deh saya coba postingkan di blog sini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar