12 November 2008

Configure Sqstat pada Proxy Server




Berawal dari keinginan si Boss yang ingin mengawasin penggunaan bandwitdh internet dikantor, jadi mulai mencari kira-kira aplikasi apa yang bisa digunakan dan sesuai dengan keinginannya si Boss. Setelah mencoba beberapa aplikasi sejenis akhirnya memutuskan menggunakan Sqstat, karena paling sesuai dengan keinginan kita.

Hal pertama yang mesti dipersiapkan adalah proxynya dan webserver menggunakan apache2 dan php5. Pertama install apache2 nya dengan command sudo apt-get install apache2 kemudian install PHP5 dengan command sudo apt-get install php5 setelah selesai download aplikasi Sqstatnya di http://samm.kiev.ua/sqstat/sqstat-1.20.zip kemudian unzip dengan command unzip sqstat-1.20.zip. Lalu cut Folder sqstat-1.20 ke dalam folder /var/www/ dengan command sudo mv sqstat-1.20 /var/www/sqstat-1.20.

Setelah itu di lakukan kemudian rename file config.php.inc.default menjadi config.php.inc dengan command sudo cp /var/www/sqstat-1.20/config.php.inc.default /var/www/sqstat-1.20/config.php.inc

Pada bagian:

DEFINE("SQSTAT_SHOWLEN",100);

Isi sesuai dengan baris diatas.

Kemudian coba jalankan sqstatnya melalui browser anda, bisa menggunakan IE, Mozilla, atau yg lainnya. dengan cara mengetikkan:

Http://ip-addserver/sqstat-1.20/sqstat.php

Pada textbox Autorefresh isikan dengan waktu yang anda inginkan kemudian tekan Update. Maka akan terlihat host-host yang sedang menggunakan proxy server anda, url yang dibuka dan besar bandwith yang digunakan

Selamat mencoba temans....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar